Site icon Ainggamer.com

Konsumsi Daya Lebih Bersahabat, NVIDIA RTX 3050 Refresh Siap Meluncur

NVIDIA RTX 3050 Refresh

Ainggamer.com – Rasanya kita cukup menanti beberapa hari sebelum bertemu tahun baru yang konon hadirkan sesuatu yang baru. Kubu hijau tampaknya curi start dengan meluncurkan NVIDIA RTX 3050 Refresh, yang diklaim lebih hemat daya. Tapi, sehemat apakah itu? Yuk disimak!

NVIDIA RTX 3050 Refresh Tanpa Kehadiran Embel-embel ‘Ti’

Pada bulan Januari 2023, kartu grafis ray-tracing murah dan ekonomis dari kubu hijau diluncurkan untuk menyasar mereka yang tertarik mencoba fitur tersebut.

Kini RTX 3050 Refresh diluncurkan untuk kuatkan lini ‘terjangkau’ yang bisa memanfaatkan teknologi olah cahaya tersebut.

Jika generasi terdahulu dari kartu grafis ray-tracing ekonomis ini hanya dibekali arsitektur Ampere GA106, kini NVIDIA 3050 Refresh tetap membawa arsitektur yang sama, namun dengan SKU berbeda, yaitu GA107.

NVIDIA yang meluncurkan VGA tanpa embel-embel ‘Ti’ ini merasa bahwa ini adalah langkah yang tepat untuk memberikan gamer atau content creator sebuah alternatif dalam memilih kartu grafis terbaik.

Akan Lebih Hemat Daya

Menariknya, NVIDIA RTX 3050 Refresh yang merupakan kartu grafis generasi terbaru ini tidak ada perbedaan secara spesifikasinya, SKU GA107 ini tetap memiliki 2.560 CUDA Cores, dimana masih sama dengan generasi terdahulu.

Tampaknya kubu hijau serius kejar konsumsi daya yang lebih hemat, yaitu di kisaran 115 Watt. Tentu konsumsi daya tersebut hanya selisih 15 Watt dari RTX 3050 versi ‘biasa’ yang ada di kisaran 130 Watt.

Entah kebetulan atau tidak, tapi rasanya ini akan ada kaitannya dengan pernyataan dari CEO Intel yang katakan bahwa sebuah kartu grafis tidak melulu harus haus listrik demi kejar performa.

Exit mobile version